Sabtu, 30 April 2011

Martabak Tahu - Daging Cincang

By: aurabisnis
Bahan:
- 350 gram tahu putih, haluskan
- 200 gram daging sapi cincang
- 30 lembar kulit risoles siap pakai diameter + 20 cm
- 2 butir telur ayam
- 3 batang daun bawang iris halus
- Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
- 4 siung bawang putih, keprak dan cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu instan
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Siapakan wajan, panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan transparan. Masukkan daging sapi cincang. Aduk dan masak hingga daging berubah warnanya. Angkat.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tahu yang dihaluskan kedalamnya. Tambahkan tumisan daging, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan daun bawang. Aduk rata. Masukkan telur ayam, aduk hingga rata dan cicipi rasanya.

Siapkan 2 lembar kulit risoles (karena kulit risoles siap pakai sangat tipis maka saya menggunakan 2 rangkap). Isi dengan 1 - 1 1/2 sendok makan adonan isi. Lipat seperti amplop. Sebaiknya sambil anda membungkus adonan isi dengan kulit, anda juga sekaligus menggoreng lumpia yang siap goreng. Karena jika terlalu lama adonan isi berada di dalam kulit dan tidak segera digoreng maka kulit martabak akan berlubang karena adonan yang basah. Kecuali jika anda membuat kulit martabak sendiri yang bisanya lebih kuat dan tebal.

Panaskan minyak agak banyak di wajan menggunakan api kecil agar martabak matang di dalam dan kulitnya tidak cepat gosong. Goreng martabak dengan posisi lipatan kulit berada di bawah (agar kulit tertekuk dengan baik saat digoreng). Goreng martabak hingga warnanya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua bahan habis.


Sajikan martabak tahu selagi hangat dengan cabai rawit atau sambal botolan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar